Langsung ke konten utama

Warna-warna False Color dan tips & triknya

di era jaman serba digital ini semua yang dahulu harus susah-susah mengedit sebuah foto dengan menganti warna warna natural menjadi warna warna lain. mulai munculnya warna infra red, dan seiring berjalannya waktu Infrared berefolusi menjadi false color.
mungkin sudah banyak yang mengenal tentang camera IR atau false color, .dan banyaknya vendor-vendor yang menyediakan jasa modifikasi camera IR yang membuat anda bingung untuk memilihnya.
tapi masih juga yang belum mengenal camera IR, Maka saya hanya sekedar berbagi kepada anda yang belum mengenalnya, jika anda berkenan silahkan untuk like fans page saya.

ada 2 vesi IR yang saya gunakan  dan  berikut contoh dari beberapa versi nya.

1. Versi TOBACO FC by salah warna







Versi ini sangat unik, ketika cahaya matahari terang dan cuaca panas daun bisa berwarna putih, jika cahaya merdup warna daun menjadi kuning, hijau muda, bahkan biru tua dan ungu.tergantung preset yang saya gunakan dan begitu banyak warna yang di miliki versi Tobaco fc ini,
tapi kelemahan untuk versi ini, metering dan exposure berbeda dengan camera normal. tapi saya lebih cenderung memberi kesan under, dan memakai format RAW.

2. Versi BLACK ORCHIT by salah warna



Versi ini sangat cocok untuk pemotretan model dan pre wedding. warna ini identik dengan warna kuning kemerah-merahan. untuk skintone lebih menonjol dikarenakan warna yang keluar kuning. berbeda dengan tobaco, tobaco lebih warna pucat agak kebiru-biruan.

Tips.
untuk mendapatkan warna yang  lebih bagus, lensa camera juga mempengaruhi, di sebabkan koting pada lensa berbeda-beda. karena saya memakai nikon lensa yang saya rekondasikan Tokina 11-16, nikor 80-200, nikor 18-70.

nih trik untuk mengolah foto false color lebih agar tampak lebih cerah 

Before




Langkah - langkah

Langkah 1

Langkah 2 
 Langkah 3
 langkah 4
 langkah 5

After



Postingan populer dari blog ini

Prewedding di Gunung Bromo - Pandji

dalam pemotretan ini sungguh sangat beruntung, karena cuaca saat cerah, cahaya sunrise yang memukau dan nuansa pegunungan sangat terlihat indah. mungkin sudah banyak orang melakukan prewedding di gunung bromo, seperti halnya kita bisa melihat di google image, instagram. dan youtube. seringkali lokasi yang dipilih misalnya di padangsfana, pasir berbisik, di kakigunung bromo, di puncak gunung bromo, di area penanjakan satu, penanjakan dua ataupun di bukit kingkong. tapi kali ini saya dan rekan tim saya memilih nuansa berbeda, dan sudut angle yang berbeda... mungkin ini akan menjadi salah satu refrensi pemotretan prewedding di gunung bromo. like, share dan jangn lupa subscribe di akun youtube saya ya kawan.

"GADIS DESA" Tutorial editing foto model

Hunting foto trip bersama tamu-tamu saya dari jakarta yang mayoritas menggunakan camera SONY. kita bikin konsep motret model di air terjun jumog dengan konsep gadis desa yang sedang mandi dan mencuci di aliran sungai. silahkan menyaksikan ..

Trik cepat membuat foto hitam putih dramatis

jangan lupa subscribe ya kawan