Langsung ke konten utama

Kawah Ijen


lensasemutireng.com - Kawah Ijen. Siapa yang belum pernah dengar gunung berapi ini? tentu hampir semua orang dalam negri atau luar negri tau yang namanya KAWAH IJEN. Puncak Pegunungan di daerah Banyuwanngi dan Bondowoso Jawa timur ini memikat banyak para wisatawan dan para fotografer untuk mengabadikan keindahan alamnya.

Ini pertama kalinya datang ke kawah ijen, dalam urusan pekerjaan memotret prewedding di kawah ijen. jadi kurang maksimal untuk mendapatkan foto yang baik. Tapi setidaknya serpihan waktu itu cukup mengambil beberapa moment yang saya abadikan, bahkan sayapun sempat ngobrol dengan para pekerja.
Di kawah Ijen menjadi tempat di mana para masyarakat sekitar memanfaatkan tempat ini menjadi lahan pekerjaan mereka. Sebagian besar laki-laki tangguh di kawah ijen ini bekerja sebagai penambang Belerang dan Porter untuk wisatawan.


Ketika kita sampai di lokasi, anda akan di hampiri para porter menawarkan jasa mereka untuk membantu membawakan barang bawaan anda atau menemani anda sampai ke puncak kawah Ijen.
harga yang di tawarkan mayoritas 200.000 per orang. dan mereka siap membawakan bawaan anda bisa di katakan 20kg lebih mereka akan membawakannya dengan servis yang sangat ramah.
satu hal buat teman-teman jika ingin menggunakan jasa porter, Tolong jangan di TAWAR kalau anda mau menggunakan jasa mereka, mungkin uang 200.000 cukup murah bagi kita, karena dengan uang segitu anda akan menghemat energi untuk mencapai puncak kawah ijen.



Tapi bagi penambang Belerang uang 200.000 itu cukup banyak untuk pendapatan mereka sehari.
karena dalam sehari penambang untuk mendapatkan uang 200.000 ia harus naik turun ke kawah ijen 3x dan membawa belerang dalam sekali angkut mencapai 50kg hingga 75kg. dan per kilonya ia mendapatkan imbalan Rp.1.025. jadi dalam sekali angkut kurang lebih mereka mendapatkan 50.000 hingga 70.000. itupun tidak semua hasil tambang yang ia dapatkan mendapat imbalan Rp.1.025 per kilonya, di kloter ke dua dan selanjutnya ia mendapat 950 per kg nya.

masih ingin menawar jasa mereka??

Tapi tidak semua penambang harus naik turun 3x untuk menadapatkan upah 200.000, karena seiring berjalannya waktu. sebagian penambang sudah memiliki troli untuk mengangkut hasil tambang belerangnya. jadi mereka yang memiliki troli hanya 1 kali naik turun puncak kawah ijen, tapi tetap 3x naik turun dari puncak ke tempat penambangan. dalam sehari mereka sanggup mengumpulkan minimal 150Kg dalam sekali angkut menggunakan troli


eksplore keindahan indonesia dan pariwisata indonesi dan jaga kebersihan jangan buang sampah sembarangan ya

Salam sehat dan minum Kopi Iklas... Mantap!!!


Postingan populer dari blog ini

Prewedding di Gunung Bromo - Pandji

dalam pemotretan ini sungguh sangat beruntung, karena cuaca saat cerah, cahaya sunrise yang memukau dan nuansa pegunungan sangat terlihat indah. mungkin sudah banyak orang melakukan prewedding di gunung bromo, seperti halnya kita bisa melihat di google image, instagram. dan youtube. seringkali lokasi yang dipilih misalnya di padangsfana, pasir berbisik, di kakigunung bromo, di puncak gunung bromo, di area penanjakan satu, penanjakan dua ataupun di bukit kingkong. tapi kali ini saya dan rekan tim saya memilih nuansa berbeda, dan sudut angle yang berbeda... mungkin ini akan menjadi salah satu refrensi pemotretan prewedding di gunung bromo. like, share dan jangn lupa subscribe di akun youtube saya ya kawan.

"GADIS DESA" Tutorial editing foto model

Hunting foto trip bersama tamu-tamu saya dari jakarta yang mayoritas menggunakan camera SONY. kita bikin konsep motret model di air terjun jumog dengan konsep gadis desa yang sedang mandi dan mencuci di aliran sungai. silahkan menyaksikan ..

Pantai Jogan Part II

Terik matahari yang sangat menyengat kulit tak mematahkan rasa penasaran dengan pantai jogan, seperti posting sebelumnya http://lensasemutireng.blogspot.com/2012/08/pantai-jogan.htmltapi di posting yang pertama saya berunjung saat musim panas. sehingga saya tidak menemukan ciri khas pantai ini. pantai jogan memilik keunikan tersendiri yang di sisi pantainya..memiliki air terjun yang tingginya kurang lebih 4 meter yang di aliri air yang deras, sehingga terjadilah pertemuan antara air tawar dengan air laut. dan ada beberapa spot untuk menikmati pemandangan pantai ini, di atas tebing yang curam akan terlihat derasnya dan besarnya ombak yang menghempas karang...dan disisi bawah ada air terjun yang sangat memukau untuk di nikmati... sanagat -sangat indah,,, jika anda penasaran jengan pantai jogan, silahkan datang dan nikmati keindahan pantai selatan ini... tidak perlu mengeluarkan uang banyak.. cukup Rp. 5.000,- untuk biaya parkir.. dan jangan kawatir dan takut, penduduk loakal sangat