Langsung ke konten utama

Jual stock Foto di SHUTTERSTOCK


lensasemutireng.com - Halo kawan para penghobi Fotografi di Indonesia dan Sejagat raya, Saya mau berbagi cerita dan tips aja ini. barangkali ada yang berminat seperti yang saya lakukan.

Fotografi bagian dari hidup saya, saya berpenghasilan dari hobi fotografi saya, tapi disisi lain dan dalam waktu luang saya sering kali hunting foto, hampir semua genre fotografi saya menyukainya dan semua hasil dari hunting foto yang sudah saya lakukan dan kumpulkan hingga beberapa TB di hardisc saya, di setiap sesi pemotretan atau hunting foto tentu ada beberapa foto favorit saya yang sudah pasti saya simpan tersendiri sebagai koleksi saya.

Koleksi-koleksi foto terbaik yang saya miliki seringkali saya ikutkan di kejuaraan Lomba Foto tingkat nasional ataupun internasional dan alhamdulilah beberapa foto sudah pernah menang jadi juara lomba foto. Selain itu koleksi foto terbaik saya bisa jadi stock foto pilihan dan mungkin suatu saat nanti akan terjual dengan harga yang menarik "heheheheheh Saya Berharap Berlebihan".

Mungkin setiap Fotografer pernah bisrfikir tentang bagaimana Foto kita bisa terjual mahal? "salah satunya Saya" hahahhaa. tetapi hal ini seringkali menghantui pikiran saya dan selalu berharap untuk terjual mahal, dan akirnyapun sampai saat ini masih bisa dihitung dengan satu jari untuk foto yang pernah terjual cukup lumayan untuk isi Dompet.

Akirnya pada bulan april 2017  saya mulai mengikuti agen fotostock dunia di SHUTTERSTOCK. Dari sini saya menjual stock foto saya dengan harga yang relatif murah. Penghasilan perDownload mulai dari $0.25 - $50 tergantung permintaan mereka.

Mungkin setelah kamu membaca artikel ini akan berfikir bahwa Foto yang susah payah kamu dapatkan cuma dihargai $0.25 per sekali download. Gila aja Misalkan kamu memotret sebuah landscape keindahan gunung bromo, Sudah pasti kita keluarkan kocek untuk transportsi, akomodasi dan waktu, kondisi tubuh yang fit untuk medapatkan foto yang bagus tapi setelah di jual cuma di hargai MURAH. mendingan di simpan dalam hardics "sampai lupa nyimpennya"

KOSIK,,, KOSIK Ta,,,,,, Sing Sabar Sing Semeleh....
ya betul jika kita berfikir seperti tulisan diatas, memang betul dan leres. Tapi di era digital ini kita sudah sangat dipermudah, 1 memoricart bisa menyimpan ribuan foto tergantung kapasitasnya, ada yang 8gb - 64gb, dari satu spot hunting kita bisa mendapatkan macam-macam foto, dan beraneka moment, komposisi dan objek yang berbeda, ada foto yang baik dan tidak menurut pilihanmu dan seleramu. Bisa kita pilih-pilih dulu hasil Fotomu dan foto yang menurutmu kurang suka bisa di upload di SHUTTERSTOCK dan kita akan mendapatkan bayaran persekali download.

Kita harus bersyukur jadi penghobi fotografi, karena hasil foto kita bisa menjadi tabungan jangka panjang. Misalkan kita berfikir positif dan muluk-muluk dulu ya kawan dan ini gambaran dan contoh saja.
Kita seorang pekerja kantoran atau wirausaha, Dalam satu bulan ada 30hari dan libur di hari saptu dan minggu berati kita memiliki waktu untuk hunting 8 Hari.

dalam 8 hari misalkan per hari mendapatkan 100 foto dengan aneka macam angle dan objekfotonya, dari 100 foto yang menurut kita fotonya bagus ada 40 foto. berarti perhari kita mendapatkan 60 foto x 8 hari = 480 Foto dalam satu bulan dan kita upload di SHUTTERSTOCK

Itupun tidak semua foto akan di terima SHUTTERSTOCK. tergantung kwalitas fotonya tidak under tidak over, tajam dan tidak ada tulisan/logo komersial.

oke misalkan foto yang di terima di SHUTTERSTOCK sesuai kriteria sejumlah 300 foto, dari 300 foto anggap saja perfotomu terjual dan di download dengan harga paling murah $0.25 dan telah download 200 orang dalam satu bulan, berarti kita mendapatkan omset $50 perbulan x 12Bulan =  $600

Jika kita rajin hunting,Upload dan konsisten, Misalkan seperti contoh di atas Bisa jadi dalam setiap bulan omset akan bertambah dan fotomu tidak akan kadaluarsa, pemasukan selalu ada di akun SHUTTERSTOCK dan kalikan saja dalam Setahun, "lumayan bisa buat beli lensa"

Ingat ini hanya gambaran yang muluk-muluk, tapi bukan berarti ini tidak bisa terjadi. Hal di atas bisa saja terjadi kepada kamu, bahkan bisa lebih. Karena di SHUTTERSTOCK harga foto bisa berubah dan tanpa batas sesuai permintaan para pembeli.

Nah Sekarang Mikir hal terburuknya, Jika Fotomu tidak laku dan tidak di Download Kamu ORA RUGI. kagak kelong, fotomu tidak kadaluarsa, cukup bersyukur aja selalu bisa hunting foto dan anggap aja foto yang kamu upload itu tabungan, mungkin suatu saat nanti pasti akan ada hasilnya... YAKINlah.


Apa aja syarat untuk bisa gabung di shutterstock?
1. Punya Pasport
2. Punya akun PayPal

Foto seperti apa saja yang terjual di SHUTTERSTOCK 
(stock foto ini perna terjual hingga sekarang di SHUTTERSTOCK )

















Postingan populer dari blog ini

Prewedding di Gunung Bromo - Pandji

dalam pemotretan ini sungguh sangat beruntung, karena cuaca saat cerah, cahaya sunrise yang memukau dan nuansa pegunungan sangat terlihat indah. mungkin sudah banyak orang melakukan prewedding di gunung bromo, seperti halnya kita bisa melihat di google image, instagram. dan youtube. seringkali lokasi yang dipilih misalnya di padangsfana, pasir berbisik, di kakigunung bromo, di puncak gunung bromo, di area penanjakan satu, penanjakan dua ataupun di bukit kingkong. tapi kali ini saya dan rekan tim saya memilih nuansa berbeda, dan sudut angle yang berbeda... mungkin ini akan menjadi salah satu refrensi pemotretan prewedding di gunung bromo. like, share dan jangn lupa subscribe di akun youtube saya ya kawan.

"GADIS DESA" Tutorial editing foto model

Hunting foto trip bersama tamu-tamu saya dari jakarta yang mayoritas menggunakan camera SONY. kita bikin konsep motret model di air terjun jumog dengan konsep gadis desa yang sedang mandi dan mencuci di aliran sungai. silahkan menyaksikan ..

Pantai Jogan Part II

Terik matahari yang sangat menyengat kulit tak mematahkan rasa penasaran dengan pantai jogan, seperti posting sebelumnya http://lensasemutireng.blogspot.com/2012/08/pantai-jogan.htmltapi di posting yang pertama saya berunjung saat musim panas. sehingga saya tidak menemukan ciri khas pantai ini. pantai jogan memilik keunikan tersendiri yang di sisi pantainya..memiliki air terjun yang tingginya kurang lebih 4 meter yang di aliri air yang deras, sehingga terjadilah pertemuan antara air tawar dengan air laut. dan ada beberapa spot untuk menikmati pemandangan pantai ini, di atas tebing yang curam akan terlihat derasnya dan besarnya ombak yang menghempas karang...dan disisi bawah ada air terjun yang sangat memukau untuk di nikmati... sanagat -sangat indah,,, jika anda penasaran jengan pantai jogan, silahkan datang dan nikmati keindahan pantai selatan ini... tidak perlu mengeluarkan uang banyak.. cukup Rp. 5.000,- untuk biaya parkir.. dan jangan kawatir dan takut, penduduk loakal sangat