Langsung ke konten utama

Dhikyaditya " Juara Umum Canon Photo Marathon 2019 Yogyakarta "

Lensasemutireng.com _ Lomba Foto, seni yang di lombakan, apakah seni ada baik buruk? Saya rasa tidak, tapi kemenangan atau juara lomba foto itu adalah sebuah sesuatu hal yang sudah di takdirkan, di gariskan, dan waktu yang menjawab semuanya.
Apakah seorang amatir bisa menang? Tentu bisa dan sangat bisa!!! Karena awalan, kemauan dan proses menjadi salah satu jalan untuk menerima kenikmatan, hadiah dari sang pencipta. 

Sejak aku memulai mengikuti CPMI aku selalu mempersiapkan materi, konsep dan ide-ide cemerlang untuk sebuah tema yang di sebutkan panitia, tapi semua sirna dan hilang di jawab oleh mereka yang sederhana.

Di tahun ini aku mencoba melepas belenggu harapan dan bayang bayang kemenangan. Tapi aku membawa bekal keyakinan. Di dalam pikiranku aku kosongkan, aku yakin Tuhan akan mengisi ide-ide yang tak terduga di waktu yang tepat.

Dan hari Minggu 3 November 2019 aku benar- benar merasakan kuasanya, kehendaknya .. dialah Allah yang maha tau, maha kreatif. 

Ditema pertama disebutkan "Fress / segar ".
Apa yang aku pikirkan? Tidak ada, aku hanya melihat, dan memperhatikan di sekitarku ketika aku melaju. Tujuan pertama adalah taman bunga, aku membayangkan ada sisa embun yang ada di dalam bunga. Setengah perjalanan mataku melirik di kanan jalan, ada seorang laki-laki dan ayam duduk bersantai menikmati waktu. Aku dan rekanku seketika menghampiri. Dan bertanya, " bolehkah bapak saya foto "?
Orang Jawa memanglah sangat ramah, dengan senang hati membantu kami.  Rekanku memotret dengan obyek laki-laki dan ayam, sedangkan aku memotret kepala ayam.
dan ini yang aku dapat setelah 30frame  foto yang ku potret. Setelah sesi ini berakhir, kamipun melanjutkan menuju taman bunga, di sana terlihat berbagai bunga yang menawan, tapi tak ada satu bungapun yang sanggup merayuku untuk bergerak. Akhirnya aku putuskan foto ayamlah yang aku pilih. 

Tidak hanya berjuang untuk mencari foto yang di kejar waktu, tapi submit foto adalah yang membosankan, karena antrian begitu panjang, seakan kami dan mereka yakin akan sebuah kemenangan, kami rela menunggu dari 1600 pesersata yang mencoba keberuntungan.

Antrian masih panjang, seakan aku ingin duduk sejenak, tapi aku mendengar MC membacakan tema yang kedua, yaitu "Garis Unik". Sesaat aku terasa kesal, apakah masih ada waktu aku untuk mencari foto. Begergas melepas SDcart dan mengganti SDcart cadangan, dengan tujuan ,jika waktu tidak cukup, aku sudah mendapatkan foto apa adanya, ketika aku sambil menunggu sebuah antrian panjang. Tapi masih ada sisa waktu untuk mencari sebuah foto, dan aku sudah ragu jika aku harus keluar lokasi untuk mencari foto. Akupun hanya memotret sebuah lampu, dengan refleksi layar handphone.
dan lagi lagi harus antri, dan sangat panjang. Dan tema ke 3 adalah " kekayaan Indonesia "
Setelah aku mendengar, apa yang ada di dalam pikiranku adalah BATIK. jika mencari industri batik aku ingat ini hari Minggu, sudah pasti tidak produksi, aku bertanya kepada kawanku, seberapa jauh industri wayang? Ia menjawab 20menit, industri batik 15menit. Aku tidak ingin melakukan kesalahan keduakali dan aku gagal submit foto.

Akhirnya aku mencari di sekitar lokasi, tidaklah jauh 500 meter dari tempat acara CPMI. Kami bingung mau kemana, tapi kami menemukan acara kondangan. Aku bergegas, karena aku yakin pasti ada yang memakai batik. 
Aku menunggu cukup lama, menunggu momen yang tepat menurutku, dan ide itu muncul ketika aku melihat kotak sumbangan...
dan inilah yang aku dapatkan.
.
Apa aku yakin juara? Tidak, tapi aku yakin aku bisa ... Masih banyak jagoan jagoan CPMI yang ikut serta, mereka adalah kreator handal dalam lomba ini. Tapi apalah dayaku jika tuhan sudah menentukan sipa juaranya.

Dan inilah juaranya, aku dapatkan bukan karena aku, karena Tuhan menuntunku, membimbingku, aku pasrahkan ide-ide kepadanya. Dan tiket menuju ke Jepang aku dapatkan.
Dan sekian kalinya aku membuatmu bangga bapak ibuku, airmatamu meruntuhkan kesedianmu karena anakmu membuatmu bahagia. 

Aku bukanlah pengusaha sukses, bukan juga pejabat, bukan juga seorang dokter serperti sodara-sodaramu. Tapi aku adalah pecinta seni foto. Maka hanya inilah yang bisa ku berikan kepadamu. 

Terimakasih .... Blog ini akan meninggalkan jejak ku dalam dunia fotografi.
.
https://youtu.be/P0Mmf7e7COo

Postingan populer dari blog ini

Prewedding di Gunung Bromo - Pandji

dalam pemotretan ini sungguh sangat beruntung, karena cuaca saat cerah, cahaya sunrise yang memukau dan nuansa pegunungan sangat terlihat indah. mungkin sudah banyak orang melakukan prewedding di gunung bromo, seperti halnya kita bisa melihat di google image, instagram. dan youtube. seringkali lokasi yang dipilih misalnya di padangsfana, pasir berbisik, di kakigunung bromo, di puncak gunung bromo, di area penanjakan satu, penanjakan dua ataupun di bukit kingkong. tapi kali ini saya dan rekan tim saya memilih nuansa berbeda, dan sudut angle yang berbeda... mungkin ini akan menjadi salah satu refrensi pemotretan prewedding di gunung bromo. like, share dan jangn lupa subscribe di akun youtube saya ya kawan.

"GADIS DESA" Tutorial editing foto model

Hunting foto trip bersama tamu-tamu saya dari jakarta yang mayoritas menggunakan camera SONY. kita bikin konsep motret model di air terjun jumog dengan konsep gadis desa yang sedang mandi dan mencuci di aliran sungai. silahkan menyaksikan ..

Pantai Jogan Part II

Terik matahari yang sangat menyengat kulit tak mematahkan rasa penasaran dengan pantai jogan, seperti posting sebelumnya http://lensasemutireng.blogspot.com/2012/08/pantai-jogan.htmltapi di posting yang pertama saya berunjung saat musim panas. sehingga saya tidak menemukan ciri khas pantai ini. pantai jogan memilik keunikan tersendiri yang di sisi pantainya..memiliki air terjun yang tingginya kurang lebih 4 meter yang di aliri air yang deras, sehingga terjadilah pertemuan antara air tawar dengan air laut. dan ada beberapa spot untuk menikmati pemandangan pantai ini, di atas tebing yang curam akan terlihat derasnya dan besarnya ombak yang menghempas karang...dan disisi bawah ada air terjun yang sangat memukau untuk di nikmati... sanagat -sangat indah,,, jika anda penasaran jengan pantai jogan, silahkan datang dan nikmati keindahan pantai selatan ini... tidak perlu mengeluarkan uang banyak.. cukup Rp. 5.000,- untuk biaya parkir.. dan jangan kawatir dan takut, penduduk loakal sangat