Langsung ke konten utama

Hari raya Melasti 2014 di pantai parangkusumo

Berangkat dari solo menuju jogja yang kemudian menjemput salah satu pendeta hindu. beliau bernama Bli Hendra, kami menuju di Desa Banguntapan bersama sama. walaupun saya seorang muslim, tapi saya sangat senang mendengarkan cerita-cerita dari bli hendra.


Bli hendra sedang memberikan penjelasan dan pengertian simbul simbul dari mata angin yang menjadi sebuah kepercayaan bagi umat Hindu.


Di pura ini saya melihat mereka yang sedang mempersiapkan sesaji dan perlengkapan perlengkapan ibadah lainnya. 


Dan setelah selesai sholat jum'at, kami bersama umat hindu bersama-sama menuju pantai selatan parangkusumo yang menjadi lokasi ibadah mereka.



Setelah kurang lebih 30 menit kami menempuh perjalan sampai di parangkusumo, dan saya dengan semangat melihat persiapan mereka untuk ibadah, karena hari ini pertama kalinya saya mendokumentasikan acara melasti di parangkusumo.
Berbondong bondong, dan berjalan berurutan, berbaris menuju bibir pantai dengan membawa perlengkapan ibadah, dan sesaji yang mereka persiapkan.






Setelah persiapan sudah selesai, salah satu pendeta mengambil air di pantai parangkusumo



pengambilan air di bawa ke tempat mereka berdoa, dan di sambut para wanita umat hindu yang kemudian di doakan mengelilingi sesaji bersam sama para pendeta. 




Kemudian dilanjutkan dengan tarian bali yang di sajikan kepada para umat hindu, ini menjadi moment yang sangat berharga bagi saya, dan pemandangan yang sangat indah, tuhan telah memberi warna warni kepercayaan pada umatnya.



Berdoapun di mulai dalam memperingati hari raya Melasti



sesudah mereka berdoa, mereka membawa sesaji di tepi pantai dandi buang ke laut


demikianlah beberapa file foto yang saya share di blog ini.
Jika ada kurang dan lebihnya harap dimaklumi.

Sampai jumpa lagi di melasti tahun depan.








Postingan populer dari blog ini

Prewedding di Gunung Bromo - Pandji

dalam pemotretan ini sungguh sangat beruntung, karena cuaca saat cerah, cahaya sunrise yang memukau dan nuansa pegunungan sangat terlihat indah. mungkin sudah banyak orang melakukan prewedding di gunung bromo, seperti halnya kita bisa melihat di google image, instagram. dan youtube. seringkali lokasi yang dipilih misalnya di padangsfana, pasir berbisik, di kakigunung bromo, di puncak gunung bromo, di area penanjakan satu, penanjakan dua ataupun di bukit kingkong. tapi kali ini saya dan rekan tim saya memilih nuansa berbeda, dan sudut angle yang berbeda... mungkin ini akan menjadi salah satu refrensi pemotretan prewedding di gunung bromo. like, share dan jangn lupa subscribe di akun youtube saya ya kawan.

"GADIS DESA" Tutorial editing foto model

Hunting foto trip bersama tamu-tamu saya dari jakarta yang mayoritas menggunakan camera SONY. kita bikin konsep motret model di air terjun jumog dengan konsep gadis desa yang sedang mandi dan mencuci di aliran sungai. silahkan menyaksikan ..

Trik cepat membuat foto hitam putih dramatis

jangan lupa subscribe ya kawan